BAB 3 Pengenalan Antarmuka Pengguna

Saat ini TIK telah merambah di banyak aspek kehidupan manusia. Teknologi

ini menghasilkan banyak sekali perkakas yang membantu pekerjaan kita

sehari-hari. Bab ini akan berisi materi tentang perkakas pada TIK seperti:

Aplikasi Perkantoran, Peramban, Surel, Search Engine dan penggunaan File

explorer untuk mengelola folder dan ile.

Teknologi berkembang dengan cepat, melahirkan banyak perangkat keras

dan perangkat lunak yang baru. Alat elektronik dan peranti TIK menjadi

makin murah, dan ini mendorong pengguna untuk berganti-ganti karena

selain lebih murah, performansi peranti juga menjadi makin baik.

Manusia melakukan interaksi dengan perangkat melalui berbagai cara.

Kita menggunakan tombol untuk menghidupkan atau mematikan perangkat

televisi, mesin cuci, atau pendingin ruangan, yang bisa diwakili dengan alat

pengendali jarak jauh (remote control). Teknologi saat ini mampu menangani

interaksi perangkat dengan pengguna melalui tombol nyata, papan kunci

(keyboard), sentuhan ke antarmuka grais yang biasa disebut Graphical

User Interface (GUI), maupun suara atau Voice User Interface (VUI). Untuk

perangkat komputer, ponsel/smartphone, perangkat game, pemutar MP3, dan

sebagainya, interaksi yang digunakan umumnya adalah GUI.

GUI adalah bentuk antarmuka pengguna dengan menggunakan ikon

dan elemen grais sebagai pengganti perintah berbasis teks yang ditikkan.

GUI menjadi populer karena lebih intuitif, mudah digunakan dan dipelajari

daripada model interaksi Command Line Interface (CLI) yang memerlukan

perintah yang harus ditik. Dengan CLI, jika pengguna tidak tahu perintahnya

atau salah tik, perintah tidak dapat dimengerti oleh komputer. Dengan GUI,

pengguna tinggal memilih perintah yang disediakan. 







Gambar 3.1 Antarmuka Pengguna dengan Perangkat Lunak (a) Berbasis Grais, (b) Berbasis CommandLine, (c) Berbasis Voice


Tujuan pembelajaran materi ini ialah agar kalian mengenali pola dari

interaksi dengan perangkat sehingga apabila harus berganti-ganti, kalian

tidak bingung dan dapat cepat beradaptasi. Kalian diajak mengenal apa yang

disebut GUI agar dapat berinteraksi dengan perangkat keras, melalui gambar

atau ikon yang mewakili “objek” yang dikelola dan ditampilkan oleh sistem

operasi. Objek-objek ditampilkan dalam bentuk ikon, yaitu simbol atau

gambar tertentu yang mewakili suatu ile, aplikasi atau layanan.




Aktivitas Individu

TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grais

Apakah kalian tahu bahwa banyak jenis ponsel, berbeda


merk, dan berbeda sistem operasinya? Namun, walau-

pun berbeda merk, berbeda sistem operasi, dan sedikit


berbeda antarmukanya, semua ponsel memiliki fungsi

yang sama. Hal ini bisa dianalogikan dengan alat lain,

seperti mobil, televisi, atau alat elektronik berbagai

merk, yang sebetulnya memiliki fungsi yang sama,

hanya tampilannya yang sedikit berbeda. Pada aktivitas

ini, kalian berlatih mengenali jenis-jenis objek pada

antarmuka berbasis grais (GUI).

Apa yang Kalian Perlukan?

• Komputer/ponsel yang telah terpasang sistem operasi.

Apa yang Harus Kalian Lakukan?

• Bukalah aplikasi kalkulator pada komputer/ponsel kalian!

• Hitunglah ekspresi berikut, sambil mencoba berinteraksi!


Setelah itu, cobalah aplikasi lain, yaitu Calendar/Kalender, dan File Explorer.



Carilah objek-objek baru yang tidak ada di aplikasi kalkulator, dan tulislah

dalam lembar kerja berikut:







Personalisasi

1. Kalian bisa mengganti gambar latar belakang layar ponsel/smartphone.

Latar belakang yang seperti apa yang kalian sukai? Jelaskan sebetulnya

latar belakang yang muncul tersebut apa. Bagaimana kira-kira ditampilkan?

2. Saat membuka laptop atau komputer, kalian dapat mengubah tampilan

folder dan ile, menjadi berupa ikon besar/kecil. Kalian bisa juga mengubah

daftar nama folder/ile sehingga bentuk teks dan informasinya ditampilkan

secara rinci ukuran serta tanggal terakhir folder/ile itu diubah, atau hanya

ditampilkan informasi secukupnya. Tampilan folder dan ile yang mana

lebih kalian sukai? Mengapa? Bandingkan dengan pilihan teman kalian.

3. Windows artinya jendela. Menurut kalian, mengapa disebut jendela?

4. Suatu saat, kalian dapat membuka satu atau lebih jendela. Apa

keuntungan membuka banyak jendela sekaligus? Apakah kalian memang

membutuhkan itu?










_farhan_TERIMAKASIH

Komentar

Posting Komentar